Kamis, 27 September 2012

CARA PENDAFTARAN LKS 2012


PENDAFTARAN LKS 2012

Pendaftaran Lomba Kompetensi Siswa SMK dibuka tanggal 1 Oktober s/d 1 November 2012.
Cara Pendaftaran Lomba Kompetensi Siswa SMK 2012:

1.      Membayar biaya pendaftaran lomba dengan mentransfer uang melalui Bank BRI ke No.Rek. 1229-01-001709-53-5, Bank Muamalat No Rek. 0194481926 atas nama Ainur Rofik
2.      Bukti pembayaran yang asli dibawa pada saat lomba berlangsung.
3.      Konfirmasi kepada panitia bahwa telah melakukan pendaftaran via sms dengan format DAFTAR (spasi) NAMA SEKOLAH (spasi) TTN/ADP kirim ke 085730988108
4.      Peserta akan menerima konfirmasi dari panitia bahwa sudah terdaftar sebagai peserta lomba.

Minggu, 16 September 2012

JUKLAK JUKLIS ADMINISTRASI PERKANTORAN



I.              Pendahuluan
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak kepada tuntutan akan pengembangan kompetensi sumber daya manusia untuk dapat beradaptasi dan selaras dengan perkembangannya, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing baik nasional maupun internasional, merupakan salah satu hal terpenting di segala bidang pekerjaan. Kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen merupakan kekuatan daya saing dan keunggulan kompetitif semua sektor dalam menghadapi tantangan tersebut di atas. Untuk itu pemerintah selalu berusaha mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten dalam bidangnya masing-masing.
Penyelenggaran Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) Tingkat Regional ke III di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang bagi siswa Skeolah Menengah Kejuruan (SMK) Jawa dan Bali adalah sebagai wujud nyata salah satu upaya dalam pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

II.           Tujuan
1.      Mendorong SMK untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang mengacu kepada Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang keahlian Administrasi Perkantoran.
2.      Untuk memantau peta kualitas dan kemampuan SMK di Seluruh Indonesia sesuai dengan Standar Keterampilan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran.
3.      Mempromosikan ketrampilan siswa SMK bidang keahlian Administrasi Perkantoran kepada dunia idustri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4.      Memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk berkompetensi secara positif untuk menumbuhkan kebanggan pada bidang keahlian yang ditekuninya, juga kebanggaan bagi sekolah dan daerah/provinsinya.
III.        Peserta
Peserta adalah siswa SMK Bisnis dan Manajemen dengan kriteria sebagai berikut :
1.      Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.      Tercatat siswa tingkat II/III SMK Negeri atau Swasta program keahlian Administrasi Perkantoran di Indonesia dalam tahun 2012.
3.      Setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh 2 (dua) orang peserta.

IV.        Materi Lomba
1.      Lingkup Kemampuan yang diajukan :
a.    Pengetahuan umum kesekretariatan
b.   Mengetik naskah kecepatan dengan komputer
c.    Penanganan telepon
d.   Membuat surat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
e.    Menangani Kas Kecil (Petty Cash)
f.    Membuat agenda kegiatan pimpinan (Daily Agenda)
g.   Menysun agenda perjalanan dinas pimpinan (Itenerary)
h.   Menata dan menemukan arsip (Filling)
i.     Wawancara (termasuk pengetahuan kesekretarisan)
j.     Mengelolah dokumen bisnis/rapat (minutes of Meeting)
k.   Mengoperasikan Internet
l.     Membuat materi presentasi dengan menggunakan bahasa inggris
m. Presentasi

2.      Aspek Penilaian
a.      Praktek                                                                            75%
b.      Wawancara (termasuk pengetahuan kesekretarisan)       10%
c.      Presentasi                                                                        15%

V.           Tim Penguji
Tim juri dari praktisi/akademis/profesional bidang yang ditetapkan



VI.        Kriteri Pemenang Lomba
Juara lomba adalah peserta yang memiliki nilai akhir tertinggi dari seluruh nilai para peserta lomba. Apabila ada juara lomba yang memiliki nilai akhir yang sama maka pertama akan diperhitungkan kecepatannya ternyata nilai masih sama maka akan diadakan tes wawancara oleh setiap juri. Para juara ditentukan oleh juri meliputi Juara I, II, dan III serta Juara Harapan I, II, dan III. Selain para juara maka seluruh peserta mendapat penghargaan dari panitia penyelenggara.

VII.     Panitia Lomba
Panitian lomba bidang adalah sejumlah petugas sebagai teknisi untuk peralatan penyediaan bahan serta keperluan lomba lainnya.

VIII.  Tempat Lomba
Tempat lomba untuk bidang keahlian sekretaris dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

IX.        Tata Tertib Lomba
Pembimbing diharapkan :
1.      Mendampingi peserta pada saat technical meeting
2.      Mengisi daftar hadir yang disediakan panitia
3.      Menjaga ketertiban dan ketenangan dalam pelaksanaan lomba
4.      Membantu peserta yang dibimbingnya apabila terjadi gangguan kesehatan
5.      Tidak membantu peserta pada saat lomba berlangsung
Peserta diharapkan :
1.      Tiap sekolah diwakili maksimal 2 (dua) orang peserta. Tidak dibenarkan peserta diganti disaat tengah lomba berlangsung.
2.      Peserta harus hadir pada saat technical meeting
3.      Peserta harus sudah hadir 15 menit sebelum tes dimulai
4.      Wajib mengisi daftar hadir pada saat setiap jenis lomba yang diadakan
5.      Berpakaian kerja yang rapi, diwajibkan hanya memakai identitas nomor peserta dari panitia
6.      Tidak diperbolehkan membawa buku/catatan/HP di ruang lomba
7.      Mengerjakan tugas dengan menggunakan pena/bulpoin, tidak dibenarkan menulis dengan pensil
8.      Tidak diperbolehkan menggunakan tipp-ex untuk menghapus kesalahan. Kesalahan hendaknya dicoret pada kata/angka yang salah dan ditulis kata/angka yang benar
9.      Untuk alasan kesehatan peserta diperbolehkan membawa makanan kecil dan minuman ke dalam ruang ujian
10.  Perlengkapan yang harus dibawa oleh peserta :
a.       Pena/bollpoint hitam (disarankan lebih dari satu)
b.      Penggaris
c.       Penghapus karet (bukan tip-ex)
d.      Kalkulator minimal 12 digit
e.       Kalender 2012
f.       Gunting
g.      Post it
h.      Tipp-ex
11.  Laptop maupun Flashdisk harus kosong, jika tidak dikosongkan maka panitia mempunyai wewenang penuh untuk menghapus atau meformatnya meskipun terdapat data yang penting maupun tidak penting.
12.  Mematuhi tata tertib yang telah ditentukan oleh panitia atau juri, apabila melanggar maka akan dikenakan sanksi.

X.           Penutup
Hal-hal yang belum tercantum dalam lembar informasi ini akan diinformasikan pada waktu rapat teknis (technical meeting).



ALUR KEGIATAN LOMBA KETRAMPILAN SISWA
TINGKAT JAWA BALI TAHUN 2012
BIDANG LOMBA : ADMINISTRASI PERKANTORAN