UNIVERSITAS NEGERI MALANG
BIDANG LOMBA
PENJUALAN (Marketing)
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2012
INFORMASI LOMBA
MATA LOMBA MARKETING ( PENJUALAN )
- PENDAHULUAN
Era globalisasi memberi dampak ganda yaitu
di samping membuka kesempatan kerja sama yang seluas-luasnya antar Negara, juga
membuka persaingan yang semakin ketat dan tajam di segala bidang pekerjaan.
Untuk menghadapi tantangan tersebut di
atas, maka Pemerintah Indonesia harus memperkuat daya saing dan keunggulan
kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan
sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen. Untuk itu Pemerintah
selalu berusaha menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidangnya
masing-masing.
Penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa
(LKS) oleh HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas
Negeri Malang tahun 2012 bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah
sebagai wujud nyata salah satu upaya insan akdemisi dalam pengembangan sumber
daya manusia. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung program
pemerintah dalam menggalakkan SMK dengan slogannya SMK BISA !
- TUJUAN
1. Mendorong dan merangsang sekolah dalam
meningkatkan kualitas pelaksanaan KBM di sekolah sesuai dengan Standar
Kompetensi Kerja di Dunia Usaha dan Industri, sehingga mutu lulusannya dapat
diterima oleh dunia kerja.
2. Untuk mengukur dan memantau pada kualitas
dan kemampuan siswa SMK baik negeri maupun swasta se Indonesia berdasarkan
tolok ukur kompetensi kinerja di dunia usaha dan industri sebagai acuan uji
kompetensi Program Keahlian Penjualan.
3. Mempromosikan kompetensi siswa kepada
dunia usaha/industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4. Mendorong dan merangsang sekolah untuk
mengembangkan sikap kewirausahaan (entrepreneurship) bagi para siswa sehingga
bisa menjadi calon wirausaha yang tangguh.
5. Memberikan kesempatan dan motivasi siswa
berkompetensi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian
yang ditekuninya, sekolah maupun daerahnya.
- PESERTA
Peserta adalah siswa SMK Bisnis dan
Manajemen dengan kriteria sebagai berikut :
1. Warga
Negara Kesatuan Republik Indonesia
2. Tercatat
siswa tingkat II/III SMK Negeri atau Swasta program keahlian Pemasaran di
Indonesia dalam tahun 2012.
Setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh 2 (dua) orang
peserta
- MATERI
LOMBA
A.
LINGKUP KEGIATAN LOMBA
Kegiatan LKS tahun 2012 khusus Program Keahlian
Penjualan mencakup Unjuk Kerja Kompetensi, dengan strategi dan
alokasi waktu yang diatur dalam ketentuan pelaksanaan lomba meliputi 3 sesi,
yaitu:
- Sesi Pembuatan Bahan Presentasi Business Plan dan Tema Promosi
Alokasi waktu 90 menit
Bahan presentasi dalam bentuk
power point
Tema promosi dalam bentuk word
- Sesi
Presentasi Bisnis Plan dan Wawancara
Alokasi waktu : 10 menit
tiap peserta
Presentasi Bisnis dan Wawancara adalah merupakan
pemaparan ide gagasan rencana usaha yang terkait dengan kegiatan lomba
praktik kompetensi penjualan (produk
unggulan daerah) dan diatur dengan ketentuan sebagai berikut:
a.
Bahan
Presentasi, disiapkan dalam bentuk software Microsoft Power Point (tidak
diperbolehkan membawa modem).
b. Presentasi meliputi :
- Gagasan usaha (penekanan pada aspek differentiation)
- Cakupan peluang pasar
- Prediksi target penjualan.
- Perhitungan prediksi profit minimal dengan format sbb :
Total hasil Penjualan =
Rp. (a)
Total Biaya Pembelian Bahan Baku = Rp. (b)
Laba Kotor ( Gross Margin ) (a)-(b) = Rp. (c)
|
Biaya Produksi / Biaya Penjualan :
- Biaya transportasi =
Rp. (d1)
- Biaya Alat Promosi =
Rp. (d2)
- Biaya Packaging = Rp.
(d3)
- Biaya Tenaga Kerja =
Rp. (d4)
- Biaya lain-lain (kalau ada) =
Rp. (d5)
Total Biaya Produksi (d1+d2+d3+d4+d5) = Rp. (e)
|
Profit ( c – e ) =
Rp. (f)
|
Presentase Profit = Rp.
(f/a)%
|
a. Presentasi/Wawancara dengan muatan
komunikasi bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
b. Jika peserta menggunakan bahasa Inggris
akan mendapatkan poin lebih besar.
- Sesi Praktik
Kompetensi Penjualan (Display)
Praktik kompetensi penjualan adalah suatu kegiatan
usaha penjualan secara riil pada lokasi yang telah ditentukan, dengan situasi
dan kondisi sebagai berikut:
a. Lokasi yang sudah ditunjuk oleh panitia Himpunan
Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Universitas Negeri Malang.
b. Stand/counter
yang disediakan berukuran ± 3 x 3 meter untuk tiap peserta dilengkapi meja
pajang/display.
c. Barang yang diperdagangkan berupa produk
unggulan daerah (produk utama sama dengan produk yang dipresentasikan pada sesi
wawancara)
d. Barang dagangan dipersiapkan oleh peserta.
e. Peserta wajib membuat “Tema Promosi“ dari produk yang dijual /
yang diunggulkan.
f.
Praktik
penjualan dilaksanakan pada hari ke II lomba, dengan alokasi waktu sebagai
berikut :
§ Dekorasi dapat dilaksanakan pada saat
lomba.
§ Pembuatan display (90 menit)
o
Display dilakukan hanya oleh peserta lomba saja
o
Belum
dilakukan transaksi penjualan
o
Belum
dilakukan penilaian display
§ Penilaian display dan penilaian
praktek kompetensi penjualan
§ Pelaksanaan bazaar.
B.
JADWAL PELAKSANAAN
Hari/tgl
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pakaian
|
Hari ke-1
|
1) Powerpoint business plan dan tema
promosi
2) Presentasi business plan
|
1) 07.00-08.30
2) 09.00-selesai
|
Pakaian kerja
|
Hari ke-2
|
Praktek Kompetensi Penjualan (pembuatan display)
1)
Pembuatan display
2)
Penilaian
3)
Pelaksanaan bazaar
|
1)
07.30-09.00
2)
09.00-10.30
3)
10.30-selesai
|
Pakaian kerja
|
C.
TEKNIS PENILAIAN
Penilaian
dilakukan oleh tim juri dari kelompok bidang keahlian Bisnis Manajemen dengan
teknis penilaian sebagai berikut :
1.
Pembobotan Nilai
§ Bobot Nilai Presentasi Bisnis &
Wawancara = 50%
- Nilai ide (diferensiasi/inovasi) 15%
- Komunikasi 15%
- Argumentasi 20%
§ Bobot
Nilai Praktik Kompetensi Penjualan =
50%
- Nilai pengetahuan produk 15%
- Nilai layanan prima 20%
- Nilai display 15%
2.
Penilaian Kompetensi Penjualan
Skor maksimal = 100 %
3. Penilaian Akhir
Penilaian akhir adalah nilai kumulatif bidang
lomba, yaitu dengan menjumlahkan perolehan skor kegiatan lomba
V.
TIM
PENGUJI
Terdiri dari 3 orang juri yang berasal dari 2 juri
dari akademisi dan 1 juri dari praktisi.
KRITERIA PEMENANG LOMBA
Penentuan pemenang LKS Bidang Keahlian Marketing/Penjualan didasarkan pada
nilai tertinggi yang dicapai meliputi semua kriteria yang tercantum.
Ketentuan pencapaian minimum nilai standar untuk
peringkat juara diatur dalam buku Panduan Teknis Lomba.
VI.
PANITIA
LOMBA
Panitia lomba untuk Program Keahlian Marketing/Penjualan
adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Malang.
VII.
TEMPAT
LOMBA
Tempat lomba untuk Bidang Keahlian Marketing/Penjualan
adalah Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
VIII.
TATA
TERTIB LOMBA
1.
Semua
peserta membawa alat tulis yang diperlukan dalam lomba (pulpen, buku catatan
kecil)
2.
Setiap
peserta harus mempergunakan tanda pengenal yang telah disediakan oleh panitia tanpa mempergunakan atribut yang
menunjukkan asal sekolah.
3.
Setiap
peserta diberi waktu untuk orientasi standard
room set up satu hari sebelum pelaksanaan lomba.
4.
Semua
peserta harus mengikuti arahan (technical
meeting) yang akan diberikan oleh tim juri sebelum pelaksanaan lomba.
5.
Setiap
peserta membawa laptop, printer dan flash disc yang masing-masing diberi label
nomor peserta
6.
Setiap
perserta membawa kardus (max. 10 kardus ukuran air mineral gelas), kelengkapan
display (diatur dalam lomba) dan produk unggulan daerah untuk praktek
kompetensi penjualan.
7.
Nomor
Urut Peserta ditentukan oleh juri dalam bentuk undian
8.
Semua
peserta diharapkan sudah tiba di penginapan sehari sebelum pelaksanaan lomba.
IX.
PENUTUP
Hal-hal yang belum tercantum dalam lembar
informasi ini akan dikonfirmasikan pada waktu rapat teknis (technical meeting).