Jumat, 12 Oktober 2012

INFORMASI HOTEL



INFORMASI ALAMAT HOTEL LENGKAP BESERTA KELASNYA
·         HOTEL GRIYO ASRI Jl. Mayjen Panjaitan Malang, Isi 17, Kelas Melati
·         HOTEL S. KOSABRA Jl. Gresik No. 2 Malang, Kelas Melati
·         HOTEL PELANGI II Jl. Gajayana Malang, Telp 0341-553701, Kelas Melati
·         PENGINAPAN TLOGOMAS Jl. Tlogomas Malang, Kelas Melati
·         HOTEL ARMY Jl. Kaliurang No. 36 Malang, Telp. 0341-362178, Isi 34, Kelas Melati
·         HOTEL EDOTEL Jl. Surabaya, No. 1 Malang, Telp. 0341-573368
·         HOTEL KALPATARU Jl. Kalpataru No. 41 Malang, Telp. 0341-484484, Isi 30, Kelas Melati

Kamis, 11 Oktober 2012

DRESSCODE PESERTA


1. Peserta Tata Niaga/Pemasaran
    *tgl 11 dan 12 November 2012 memakai PAKAIAN KERJA

2. Peserta Administrasi Perkantoran
    *tgl 11 November 2012 memakai BATIK
    *tgl 12 November 2012 memakai PAKAIAN KERJA

JUKLAK JUKNIS MARKETING


LOMBA KOMPETENSI SISWA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS NEGERI MALANG



Text Box: JUKLAK/JUKNIS







BIDANG LOMBA
PENJUALAN (Marketing)

















FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2012

INFORMASI LOMBA
MATA LOMBA MARKETING ( PENJUALAN )

  1. PENDAHULUAN
Era globalisasi memberi dampak ganda yaitu di samping membuka kesempatan kerja sama yang seluas-luasnya antar Negara, juga membuka persaingan yang semakin ketat dan tajam di segala bidang pekerjaan. 
Untuk menghadapi tantangan tersebut di atas, maka Pemerintah Indonesia harus memperkuat daya saing dan keunggulan kompetitif di semua sektor dengan mengandalkan pada kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dengan penguasaan teknologi dan manajemen. Untuk itu Pemerintah selalu berusaha menyiapkan tenaga kerja yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing.
Penyelenggaraan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) oleh HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2012 bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sebagai wujud nyata salah satu upaya insan akdemisi dalam pengembangan sumber daya manusia. Hal ini juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam menggalakkan SMK dengan slogannya SMK BISA !

  1. TUJUAN
1.      Mendorong dan merangsang sekolah dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan KBM di sekolah sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja di Dunia Usaha dan Industri, sehingga mutu lulusannya dapat diterima oleh dunia kerja.
2.      Untuk mengukur dan memantau pada kualitas dan kemampuan siswa SMK baik negeri maupun swasta se Indonesia berdasarkan tolok ukur kompetensi kinerja di dunia usaha dan industri sebagai acuan uji kompetensi Program Keahlian Penjualan.
3.      Mempromosikan kompetensi siswa kepada dunia usaha/industri sebagai calon pengguna tenaga kerja.
4.      Mendorong dan merangsang sekolah untuk mengembangkan sikap kewirausahaan (entrepreneurship) bagi para siswa sehingga bisa menjadi calon wirausaha yang tangguh.
5.      Memberikan kesempatan dan motivasi siswa berkompetensi secara positif, untuk menumbuhkan kebanggaan pada bidang keahlian yang ditekuninya, sekolah maupun daerahnya.

  1. PESERTA
Peserta adalah siswa SMK Bisnis dan Manajemen dengan kriteria sebagai berikut :
1.      Warga Negara Kesatuan Republik Indonesia
2.      Tercatat siswa tingkat II/III SMK Negeri atau Swasta program keahlian Pemasaran di Indonesia dalam tahun 2012.
Setiap sekolah hanya dapat diwakili oleh 2 (dua) orang peserta

  1. MATERI LOMBA
A.    LINGKUP KEGIATAN LOMBA
Kegiatan LKS tahun 2012 khusus Program Keahlian Penjualan mencakup Unjuk Kerja Kompetensi, dengan strategi dan alokasi waktu yang diatur dalam ketentuan pelaksanaan lomba meliputi 3 sesi, yaitu:
    1. Sesi Pembuatan Bahan Presentasi Business Plan dan Tema Promosi
Alokasi waktu 90 menit
Bahan presentasi dalam bentuk power point
Tema promosi dalam bentuk word

    1. Sesi Presentasi Bisnis Plan dan Wawancara
Alokasi waktu : 10 menit tiap peserta
Presentasi Bisnis dan Wawancara adalah merupakan pemaparan ide gagasan rencana usaha yang terkait dengan kegiatan lomba praktik kompetensi penjualan (produk unggulan daerah) dan diatur dengan ketentuan sebagai berikut:
a.        Bahan Presentasi, disiapkan dalam bentuk software Microsoft Power Point (tidak diperbolehkan membawa modem).
b.      Presentasi meliputi :
      • Gagasan usaha (penekanan pada aspek differentiation)
      • Cakupan peluang pasar
      • Prediksi target penjualan.
      • Perhitungan prediksi profit minimal dengan format sbb :

Total hasil Penjualan                                                      = Rp. (a)
Total Biaya Pembelian Bahan Baku                              = Rp. (b)
Laba Kotor ( Gross Margin ) (a)-(b)                              = Rp. (c)
Biaya Produksi / Biaya Penjualan :                                         
- Biaya transportasi                                                        = Rp. (d1)
- Biaya Alat Promosi                                                      = Rp. (d2)
- Biaya Packaging                                                          = Rp. (d3)
- Biaya Tenaga Kerja                                                     = Rp. (d4)
- Biaya lain-lain (kalau ada)                                           = Rp. (d5)
Total Biaya Produksi         (d1+d2+d3+d4+d5)            = Rp. (e)
Profit ( c – e )                                                                 = Rp. (f)
Presentase Profit                                                            = Rp. (f/a)%
a.       Presentasi/Wawancara dengan muatan komunikasi bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
b.      Jika peserta menggunakan bahasa Inggris akan mendapatkan poin lebih besar.

    1. Sesi Praktik Kompetensi Penjualan (Display)
Praktik kompetensi penjualan adalah suatu kegiatan usaha penjualan secara riil pada lokasi yang telah ditentukan, dengan situasi dan kondisi sebagai berikut:
a.       Lokasi yang sudah ditunjuk oleh panitia Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Universitas Negeri Malang.
b.      Stand/counter yang disediakan berukuran ± 3 x 3 meter untuk tiap peserta dilengkapi meja pajang/display.
c.       Barang yang diperdagangkan berupa produk unggulan daerah (produk utama sama dengan produk yang dipresentasikan pada sesi wawancara)
d.      Barang dagangan dipersiapkan oleh peserta.
e.       Peserta wajib membuat  “Tema Promosi“ dari produk yang dijual / yang  diunggulkan.
f.        Praktik penjualan dilaksanakan pada hari ke II lomba, dengan alokasi waktu sebagai berikut :
§  Dekorasi dapat dilaksanakan pada saat lomba.
§  Pembuatan display (90 menit)
o    Display dilakukan hanya oleh peserta lomba saja
o    Belum dilakukan transaksi penjualan
o    Belum dilakukan penilaian display
§  Penilaian display dan  penilaian praktek kompetensi penjualan
§  Pelaksanaan bazaar.








B.     JADWAL PELAKSANAAN

Hari/tgl
Kegiatan
Waktu
Pakaian
Hari ke-1

1)      Powerpoint business plan dan tema promosi
2)      Presentasi business plan
1)      07.00-08.30

2)      09.00-selesai
Pakaian kerja
Hari ke-2
Praktek Kompetensi Penjualan (pembuatan display)
1)      Pembuatan display
2)      Penilaian
3)      Pelaksanaan bazaar



1)      07.30-09.00
2)      09.00-10.30
3)      10.30-selesai
Pakaian kerja

C.    TEKNIS PENILAIAN
   Penilaian dilakukan oleh tim juri dari kelompok bidang keahlian Bisnis Manajemen dengan teknis penilaian sebagai berikut :

1.      Pembobotan Nilai
§  Bobot Nilai Presentasi Bisnis & Wawancara        = 50%
        • Nilai ide (diferensiasi/inovasi)            15%
        • Komunikasi                                         15%
        • Argumentasi                                        20%
§  Bobot  Nilai Praktik Kompetensi Penjualan         = 50%
        • Nilai pengetahuan produk                   15%    
        • Nilai layanan prima                             20%
        • Nilai display                                        15%

2.      Penilaian Kompetensi Penjualan
Skor maksimal             = 100 %


3.      Penilaian Akhir
Penilaian akhir adalah nilai kumulatif bidang lomba, yaitu dengan menjumlahkan perolehan skor kegiatan lomba
    V.            TIM PENGUJI
Terdiri dari 3 orang juri yang berasal dari 2 juri dari akademisi dan 1 juri dari praktisi.
KRITERIA PEMENANG LOMBA
Penentuan pemenang LKS Bidang Keahlian Marketing/Penjualan didasarkan pada nilai tertinggi yang dicapai meliputi semua kriteria yang tercantum.
Ketentuan pencapaian minimum nilai standar untuk peringkat juara diatur dalam buku Panduan Teknis Lomba. 

VI.               PANITIA LOMBA
Panitia lomba untuk Program Keahlian Marketing/Penjualan adalah Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
VII.            TEMPAT LOMBA
Tempat lomba untuk Bidang Keahlian Marketing/Penjualan adalah Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
  VIII.     TATA TERTIB LOMBA

                        1.      Semua peserta membawa alat tulis yang diperlukan dalam lomba (pulpen, buku catatan kecil)
                        2.      Setiap peserta harus mempergunakan tanda pengenal yang telah disediakan oleh panitia tanpa mempergunakan atribut yang menunjukkan asal sekolah.
                        3.      Setiap peserta diberi waktu untuk orientasi standard room set up satu hari sebelum pelaksanaan lomba.
                        4.      Semua peserta harus mengikuti arahan (technical meeting) yang akan diberikan oleh tim juri sebelum pelaksanaan lomba.
                        5.      Setiap peserta membawa laptop, printer dan flash disc yang masing-masing diberi label nomor peserta
                        6.      Setiap perserta membawa kardus (max. 10 kardus ukuran air mineral gelas), kelengkapan display (diatur dalam lomba) dan produk unggulan daerah untuk praktek kompetensi penjualan.
                        7.      Nomor Urut Peserta ditentukan oleh juri dalam bentuk undian
                        8.      Semua peserta diharapkan sudah tiba di penginapan sehari sebelum pelaksanaan lomba.

 IX.            PENUTUP

Hal-hal yang belum tercantum dalam lembar informasi ini akan dikonfirmasikan pada waktu rapat teknis (technical meeting).

Lovender Guest House

Lovender Guest House
Jln Lamongan No.12
Malang -East Java , Telp 0341324760, Fax 0341346532